Minggu, 14 Juni 2009

Selebritis Banjiri Twitter, Galang Dukungan untuk Suu Kyi


BANGKOK - Para selebritis Hollywood dan aktivis di China beramai-ramai menggalang dukungan untuk tokoh pro-demokrasi Myanmar Aung San Suu Kyi melalui pesan dan petisi mereka di Twitter.

Suu Kyi yang akan berulang tahun ke-64 pada Jumat pekan ini tengah menjalani penahanan di Penjara Insein. Awal bulan lalu, dia dituduh melanggar aturan penahanan rumahnya karena membolehkan seorang warga AS bernama John W Yettaw tinggal di dalam rumahnya.

"Kita tidak bisa berdiam diri. Sekarang saatnya komunitas Internasional berbicara dengan satu suara yang bulat untuk pembebasan Suu Kyi," aktris Julia Robert menuliskan pesannya pada Twitter, dikutip dari AP, Senin (15/6/2009).

Kampanye penggalangan dukungan ini telah dimulai sejak 27 Mei. Para simpatisan Suu Kyi membanjiri halaman Twitter dengan menuliskan pesan, atau mengirim video serta gambar untuk menggalang dukungan bagi peraih nobel perdamaian ini.

Selain Julia Roberts beberapa selebritis lainnya yang turut memberikan dukungan bagi pembebasan Suu Kyi adalah aktris Demi Moore, aktor Kevin Spacey, dan aktris Yoko Ono.

Sutradara film Titanic James Cameron pun turut bersimpati pada Suu Kyi menuliskan pesan, "Jika selama ini saya menciptakan tokoh pahlawan fiktif, Aung San Suu Kyi adalah pahlawan di dunia nyata yang sesungguhnya. Saat ini dia tengah membutuhkan uluran tangan dari kita semua," kata Cameron.

Selain para artis dan sutradara, ada juga tokoh-tokoh politik dan aktivis kemanusiaan yang juga menyatakan dukungan pada Suu Kyi. Perdana Menteri Inggris Gordon Brown adalah salah satu kontributor dalam pesan dukungan terhadap Suu Kyi di Twitter.

Suu Kyi, peraih Nobel Perdamaian berusia 63 tahun, telah menjalani tahanan rumah selama kurang lebih hampir 19 tahun. Saat ini dia tengah menghadapi pengadilan yang dikecam dunia internasional dan kelompok pembela hak asasi manusia.

http://techno.okezone.com/index.php/ReadStory/2009/06/15/55/229212/selebritis-banjiri-twitter-galang-dukungan-untuk-suu-kyi

1 komentar:

Unknown on 14 Juni 2009 pukul 20.36 mengatakan...

i hope shes fine

Posting Komentar

 

My Blog List

Followers

Copyright © 2009 Berita OK!